Friday 4 December 2015

Cara Membuat Segala Kalender menggunakan Corel Draw

Tutorial membuat kalender di Corel Draw. Kali ini saya akan membuat kalender menggunakan Corel Draw x4, tetapi bila corel anda menggunakan Corel Draw x5, x6, x7, dst. anda juga dapat melakukannya karena fitur-fitur dan tempatnya hampir sama.

Saya akan memberikan contoh hasil buatan Master CorelDraw yaitu Mas Zainoel Arifin yang mengelola web Belajar CorelDraw . Saya belajar banyak dari web ini, kita dapat lihat pada web tersebut ada Download Gratis kalender 2016 Hijriyah dan Jawa sudah di edit Mas Zainoel Arifin semedikian rupa.

Saya akan mempraktekkan proses pembuatan kalender 2016. Lumayan akan ada kebanggaan buat kalender hasil tangan sendiri

Baik berikut tutorial membuat kalender masehi, mari kita simak bersama-sama


1.  Buka aplikasi Corel Draw

Bila sudah terbuka, tekan Ctrl+N maka pilih ukuran sesuai yang anda inginkan, tapi kali ini saya menggunakan ukuran A5(separuh ukuran A4) dan klik OK. Jangan lupa pilih posisi kertas , ada dua macam ukuran kertas
  • Portrait (berdiri)
  • Landscape (tidur)
Ukuran kertas ini tergantung dari anda, bagaimana keinginan anda untuk men-desain kalender. Ada 2 jenis kalender yaitu kalender duduk dan kalender dinding. Tetapi, yang seperti kita ketahui ada bermacam - macam model kalender.

Mungkin kita pernah dapat kalender gratis dari toko atau perusahaan dan sebagainya. Dan sebagian dari anda tidak memperhatikan desain pada kalender tersebut, misal dalam sebuah kalender berdiri ada enam lembar dan pada ssetiap halaman cuma ada dua bulan otomatis gambar yang ada pasti besar.

Sekarang kebanyakan kalender digunakan salah satu cara untuk promosikan produk-produk mereka. Itulah zaman sekarang kita harus se-kreaif mungkin untuk sesuatu yang kita inginkan.


 2. Membuat Kalender

Memang ini kelebihan corel draw , kita dapat membuat kalender dengan mudah. Langsung saja klik Tools > Macros > Run Macros . Maka akan keluar seperti gambar berikut


Klik pada nomer satu , ubahlah menjadi Calendar Wizard dan secara otomatis tombol Run akan timbul. Tunggu apalagi langsung klik Run, dan keluarlah kotak pengaturan untuk membuat kalender seperti gambar ini.


3. Desain Kalender
Di bagian pojok kanan atas itu hasil dari apayang kita edit. Jadi bila kita sudah merubah beberapa tampilan maka hasilnya akan seperti gambar tersebut.


Karena sekarang tahun 2015 sudah hampir berakhir saya akan membuat kalender duduk untuk 2016 saja. Centang pada semua bulan yang ada, inti ditujukan agar kita tidak perlu membuat satu per satu kalender kita

Kedua, ubahlah English pada kolom language menjadi Indonesia. Mungkin pada Corel Draw anda belum ada pilihan Indonesia, oleh karena itu kalian harus mengetahui Cara menambahkan Pilihan Indonesia di Kalender pada Corel Draw.
 
Untuk tombol Holidays ini berfungsi untuk menambahkan hari libur, seperti Hari Kemerdekaan Indonesia dan Hari besar lainnya.

Pada Layout kita di suguhkan banyak model kalender yang kita buat pilih sesuka hati dari kalian masing-masing. Tetapi saya rekomendasikan Month : Large + 2 Small , karena itu yang akan saya praktekan untuk kalian.

Munculah beberapa fungsi untuk mengedit dan masing masing mempunyai fungsinya tersendri. Inilah fungsi-fungsinya:

  • Page Layout   : Mengatur jarak dari batas kertas dengan kalender
  • Large Header : Mengatur penulisan pada kepala(Tahun,Bulan,dan Hari) untuk kalender yang besar
  • Large Body     : Mengatur model kalender untuk kalender yang besar
  • Small Header  : Mengatur penulisan pada kepala untuk dua kalender kecil
  • Small Body      : Untuk mengaturmodel kalender kecil

Desainlah sepuas kalian hingga menjadi karya yang indah. Sudah puas dengan hasil desain kita tekan tombol Generate.

Untuk pengedita penanggalan Hijriyah/Jawa, model, dan lain sebagainya anda harus mengeditnya sendiri sesuai kreaatifitas anda. Kalian harus mengembangkan kreatifitas ini sendiri.

Kita sudah mempraktekan cara untuk membuat kalender versi Brintik. Saya kira cukup sekian saya menemani anda

Bila ada sesuatu yang ingin di sampaikan masukan dalam kolom komentar

Terima Kasih




No comments: